Laporan
ANIMASI GRAFIS
“MEMBUAT KARAKTER ANIMASI MENGGUNAKAN MAKEHUMAN & BLENDER”
OLEH:
NAMA: USMAN H. IBRAHIM
NIM :131315054
KELAS: B
SEMESTER: III (GENAP)
DOSEN: IRWAN KARIM S.SI, M.T.
TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK GORONTALO
T.A. 2016/2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Secara tradisional animasi diciptakan dengan menggambar secara manual (hand drawn animation) frame demi frame sepanjang durasi animasi tersebut. Animasi bisa membantu memperagakan suatu model, memperagakan metode, menunjukkan sesuatu yang aktif dan hidup pada media yang menampilkannya. Animasi pada saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai kegiatan baik untuk kegiatan yang bersifat formal maupun rekreatif.
Seiring perkembangan jaman, perkembangan dunia teknologi pun sangat pesat, banyak iklan dan film 3 dimensi bermunculan di media – media informasi, adapun para arsitektur menggunakan animasi 3 dimensi sebagai desain bangunannya. Oleh karena itu, animasi kini menjadi multi guna.
1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Apa itu software MakeHuman dan Blender ?
b. Bagaimana cara menggunakan software MakeHuman dan Blender ?
1.3. TUJUAN
Mengetahui dan memahami tentang software MakeHuman dan Blender, serta memahami cara penggunaan aplikasi tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. DEFINISI
- MAKEHUMAN
MakeHuman adalah open source aplikasi pembuat karakter dalam bentuk 3 dimensi. Dengan aplikasi ini kita dapat berimajinasi membuat pola orang dalam bentuk nyata 3 dimensi.
- BLENDER
Blender adalah software gratis yang bisa anda gunakan untuk modeling, texturing, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender merupakan open source 3D paling popular didunia, dengan Blender 3D anda bisa membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya. Selain untuk membuat konten 3D, Blender juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti mengedit video, membuat game, animasi, compositing, dan lainnya yang berhubungan dengan animasi 3D.
2.2. IMPLEMENTASI (Membuat sebuah karakter animasi)
Adapun langkah – langkah membuat sebuah karakter animasi, yaitu sebagai berikut.
1. Pertama jalankan aplikasi MakeHuman dan pada tampilan pertama akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
2. Selanjutnya tentukan gender dan bentuk tubuh dari karakter yang akan kita buat dengan memilih menu Modelling. Pada menu tersebut terdapat sub – sub menu lagi diantaranya yaitu:
- Gender, berfungsi untuk menentukan jenis kelamin serta bentuk dada.
- Face, berfungsi untuk mengatur bentuk wajah.
- Torso, berfungsi untuk mengatur bentuk badan.
- Arms and Legs, berfungsi untuk mengatur bentuk tangan dan kaki.
- Measure, berfungsi untuk mengatur bentuk leher.
Dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
3. Selanjutnya kita akan memilih tulang pada menu Pose/Animate. Disini saya memilih tulang xonotic.json.
4. Pilih menu Geometries, pada menu ini terdapat sub – sub menu diantaranya yaitu:
- Clotes, berfungsi untuk memilih pakaian dan aksesoris.
- Hair, berfungsi memilih gaya rambut. Disini saya menggunakan mhair02.
- Eyebrows, berfungsi memilih gaya alis. Disini saya menggunakan eyebrow00.
- Teeth, berfungsi untuk memilih gigi. Disini saya memilih teeth_base.
- Genitals, berfungsi untuk memilih jenis kelamin. Pada karakter ini saya memilih penis01.
5. Selanjutnya pilih menu File dan pilih Export. Ubah formatnya menjadi mhx agar struktur tulang dapat terbaca saat di blender.
6. Buka aplikasi blender dan import file mhx tadi dengan memilih menu file=>import=>makehuman (.mhx). Pilih file mhx lalu import MHX.
Maka akan muncul karakter yang kita buat tdi seperti pada gambar dibawah ini.
7. Pilih menu File=>User Preferences=>Addons=>Rigging. Centang Rigging agar karakter dapat bergerak.
8. Selanjutnya pilih menu MakeHuman dan centang semua kotak yang merupakan file dari software MakeHuman yang telah kita buat sebelumnya.
9. Selanjutnya kita akan memasukkan gerakan yang telah saya download. Pilih Misc=>Load BVH File (.bvh) dan pilih file gerakan lalu klik Load And Retarget
Dan inilah hasil akhirnya.
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Dari laporan diatas, dapat disimpulkan bahwa software Blender dan MakeHuman sangat mempermudah animator untuk membuat sebuah karakter animasi 3D. Pada MakeHuman kita dapat membuat pola manusia secara nyata. Pada Blender kita dapat menggerakkan karakter animasi 3D dari MakeHuman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar